---Welcome---Selamat Datang---Herzlich willkommen---

Sponsored Ads

Sponsored Ads

Fanpage Facebook

Minggu, 09 November 2014

Modalverben

Modalverben
Modalverben atau kata kerja modus adalah jenis kata kerja yang digunakan untuk memberikan informasi tambahan terhadap kata kerja yang ada dalam sebuah kalimat. Dalam penggunaan modalverben, kata kerja utama selalu kembali ke dalam bentuk infinitif dan berada di akhir kalimat dan sebagai gantinya modalverben berada di posisi kata kerja utama dan berubah mengikuti subjek kalimat.
Untuk lebih jelasnya berikut Tabel Konyugasi Modalverben dalam kala Präsens, rumus penggunaan Modalverben beserta Contohnya.
Tabel 1
Konyugasi Modalverben dalam Kala Präsens

Subjek
wollen
mögen
sollen
müssen
können
durfen
Ich
will
mag
soll
muβ
kann
darf
du
willst
magst
sollst
muβt
kannst
darfst
er / sie / es
will
mag
soll
muβ
kann
darf
wir
wollen
mögen
sollen
müssen
können 
dürfen
ihr
wollt
mögt
sollt
müβt
könnt
dürft
Sie / sie
wollen
mögen
sollen
müssen
können
dürfen
Terjemahan
mau
suka
seharusnya
harus
bisa/dapat
boleh

Rumus penggunaan Modalverben:
·         (+) Subjek + MV + keterangan/angabe + Infinitif II
·         (-)  Subjek + MV + keterangan/angabe + nicht + Infinitif II
·         (?)  MV + Subjek + keterangan/angabe + Infinitif II
Contoh penggunaannya dalam kalimat sebagai berikut:
   A.    Modalverben dalam kalimat sederhana.
   1.      (+) Er mag ein Glas Milch trinken.
   (-) Er mag nicht ein Glas Milch trinken.
   (?)  Mag er ein Glas Milch trinken?
   2.      (+) Ich will nach Bali fliegen.
   (-) Ich will nicht nach Bali fliegen.
   (?) Will ich nach Bali fliegen?
   3.      (+) Du kannst Deutsch sprechen.
   (-)  Du kannst nicht Deutsch sprechen
   (?)  Kannst du Deutsch sprechen?
   4.      (+) Ich mag Gitarre spielen.
   (-)  Ich mag nicht Gitarre spielen.
   (?)  Mag ich Gitarre spielen?
   B.     Modalverben dalam kalimat Inversi.
   1.      (+) Später will ich  ins Kino gehen.
   (-)  Später, will ich nicht ins Kino gehen.
   (?)  will ich später ins Kino gehen?
    2.    (+) Jetzt muss ich ein Medikamente nehmen.
   (-)  Jetzt, muss ich nicht ein Medikamente nehmen.
   (?)  Muss ich jetzs ein Medikamente nehmen?
Uzw.
            Sekian Materi Modalverben kali ini, nanti di lain kesempatan kita akan lanjutkan lagi.
Vielen dank für ihre Aufmerksamkeit.
Die Quelle:
Themen Neu 1, lehrwek für Deutsch als Hemdsprache.
Kumpulan Tugas Kampus; Strukturen und Wortschatz, Schreibfertigkeit.
Skripsi Penulis.


Tidak ada komentar: