---Welcome---Selamat Datang---Herzlich willkommen---

Sponsored Ads

Sponsored Ads

Fanpage Facebook

Rabu, 19 November 2014

Warna Baju Bodo berdasarkan Pemakainya

Warna Baju Bodo berdasarkan Pemakainya
1.      Warna kuning
Warna Kuning dipakai oleh anak di bawah 10 tahun (gadis kecil). Ini dimaksudkan sebagai penggambaran terhadap dunia anak kecil yang penuh keriangan, warna kuning adalah analogi agar sang anak cepat matang dalam menghadapi tantangan hidup. Warna kuning
2.      Warna Merah Muda/Jingga
Warna merah muda dipakai oleh anak usia 10 - 14 tahun (gadis remaja). Hal ini dimaksudkan karena warna ini dianggap paling mendekati warna merah darah/ merah tua, yaitu warna yang dipakai oleh wanita yang sudah menikah. Selain itu warna jingga atau merah muda yang dalam bahasa Makassar disebut bakko, adalah representasi dari kata bakka’, yang berarti sedang dalam pertumbuhan menuju masa dewasa.
3.      Warna Merah Muda Berlapis Dua
Warna mudah juga dipakai oleh Gadis usia 14 - 17 tahun (remaja) tapi khusus pada usia ini dibuat berlapis atau bersusun dua, hal ini dimaksudkan bahwa sang gadis sudah mulai menanjak remaja. Dan selain itu, juga dipakai oleh mereka yang sudah menikah namun belum mempunyai momongan/anak.
4.      Warna Merah Darah Berlapis Dua
Warna merah darah dipakai oleh remaja usia 17 - 25 tahun (wanita muda), yaitu perempuan yang sudah menikah dan memiliki anak. Berasal dari filosofi, bahwa sang wanita yang memakainya dianggap sudah mengeluarkan darah dari rahimnya yang berwarna merah tua/ merah darah.
5.      Warna Hitam
Warna Hitam dipakai oleh wanita umur 25 - 40 tahun.
6.      Warna Putih
Adapun baju bodo berwarna putih dipakai para inang, pengasuh raja, dukun, dan bissu.  
7.      Warna Hiajau
Warna ini khusus dipakai oleh para bangsawan dan keturunannya, Putra-putri raja. Hal ini dimaksudkan bahwa mereka-merekalah yang menjunjung tinggi harkat kebangsawanannya.
8.      Warna Ungu
Kemudian yang terakhir baju bodo berwarna ungu juga khusus dipakai oleh para janda.


Demikian postingan kali ini mudah-mudahan ada manfaatnya, Danke.

Tidak ada komentar: